oleh

Ayo, Delegasikan Tokoh Bajau di Daerah Anda untuk Jadi Calon Ketua Umum POSBI

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dan selamat malam semuanya para anggota/peserta group ini.

Wirfan Majirung Bangkep

Tabe” sebelum lanjut aku, malaku poppor dolo aku padaulu, karena aku nulis masukan itu pakai bahasa indonesia. Tujuanku, supaya lebih mudah dikatonang dan mudah ditulis.
Sekali lagi pamopporah iye.

Tujuan Musyawarah Nasional (MUNAS) Persatuan Organisasi Suku Bajo Indonesia (POSBI) ini adalah selain memilih Ketua Umum (Ketum), juga untuk membuat agar organisasi POSBI, yang menjadi satu-satunya wadah dan perkumpulan kita semua, khususnya suku Sama/Bajo, bisa lebih bergaining, maju, berdaya saing tinggi, dan terutama punya pengaruh yang luar biasa dimata nusantara, terlebih dimata dunia/negara luar.

Ekspektasi ini bukan tidak mungkin kita capai bersama. Asal kita semua punya rasa memiliki dengan kaum kita.

Faktanya, banyak orang yang terlahir dari rahim suku Sama/Bajo asli, tapi justru merasa tidak percaya diri menujukkan labelnya sebagai asli suku Sama/Bajo..

Jika mau jujur, kita khususnya suku Sama/Bajo, sesungghnya punya kemampuan yang sangat luar biasa dan cukup diperhitungkan dimata orang lain.

Maka alangkah bagusnya, jika organisasi POSBI ini, kita jadikan sandaran untuk eksistensi kita secara formal.

Karena bisa dihitung; berapa banyak pejabat yang notabenenya dari suku Sama/Bajo yang menjabat di beberapa instansi/lembaga di di Indonesia, baik di pusat maupun di daerah.

Tetapi, ironisnya, ketika menarik diri dalam soal “PADDAKAUANG” (Persatuan), justru disinilah titik lemahnya kita..

Nah, menurut saya, potensi-potensi yang ada dalam diri orang Bajo/Sama, setidaknya termanifestasikan dan diakui oleh negara maupun dunia melalui gebrakan dalam bentuk wadah bernama Organisasi POSBI.

Okelah, misalnya, eksistensi kita “mungkin” diakui orang lain. Tetapi kita justru tampak sangat lemah dalam hal eksistensi secara kelembagaan.

Karenanya, mumpung POSBI sudah lahir saat ini, maka sepatutnya kita semua wajib merasa memiliki dengan keberlangsungan perkembangan dan kemajuan organisasi ini di masa-masa yang akan datang

Jika perlu, POSBI juga harus menjadi bagian dari elemen besar di luar sistim kenegaraan di Republik ini. Insya Allah, itu harapan terbesar kita semua.

Sukses tidaknya harapan ini, tergantung dari kesungguhan kita hari ini.

Jadi, berangkat dari ekspektasi pemikiran-pemikiran tersebut diatas, alangkah baiknya kita semua bersepakat di masing-masing wilayah/daerah, mengusung atau mendelegasikan 2 (dua) orang kandidat/tokoh dari Suku Sama/Bajo untuk kita pilih sebagai Ketua Umum POSBI.

Masalah teknis dan mekanismenya, nanti akan diatur lebih lanjut lagi.

Karena disinilah tempatnya kita bicara, saling mengukuhkan hubungan emosional kita demi keberlangsungan eksistensi suku Sama/Bajo.

POSBI sudah punya segala-galanya. Terutama, dari segi kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada saat ini.

Penguasaan di bidang teknologi adalah menjadi keharusan kita untuk membesarkan POSBI. Karena harus diakui, di era 4.0 yang serba digitalisasi saat ini, menuntut kita harus lebih maju, dewasa dan berkembang dalam setiap perkembangan zaman.

Insya Allah, semoga masukan/saran yang saya tuangkan disini bisa diterima semua. Aamiin.

Sekali lagi, terima kasih banyak.
Sallahku si katonang mmemong kita mulai likka ma mboku, putoku, eye2ku, kka’ku, mania ma dialang group itu.

**Wirfan Majirung; Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

wirfan majirung
Author: wirfan majirung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.